Selamat Datang di bunyukita.com

Old Joseon atau Gojoseon, Kerajaan Pertama yang Berdiri di Korea



old-joseon-atau-joseon-lama-kerajaan-pertama-yang-berdiri-di-korea

Sejarah Berdirinya Old Joseon Menurut Samguk Yusa

Samguk Yusa, buku tentang legenda dan sejarah Tiga Kerajaan Korea Kuno, yang ditulis oleh pendeta Buddha Ilyeon selama periode terakhir Kerajaan Goryeo, mencatat fondasi Old Joseon.


Menurut buku tersebut, Hwanung, yang memiliki kekuatan untuk memerintah awan, hujan dan angin, turun dari surga dan memiliki seorang putra bernama Dangun Wanggeom. Dangun kemudian mendirikan Old Joseon.


Legenda Mitologi Kelahiran Danggun dan Berdirinya Old Joseon

Ada banyak legenda mitologi terkait dengan kelahiran Danggun Wanggeom dan berdirinya Old Joseon. Namun, dalam banyak kasus, fondasi negara lain juga didasarkan pada mitologi. Dari catatan-catatan ini, kehidupan orang-orang pada masa itu dapat diketahui.


Melalui dokumen-dokumen ini, bagaimanapun, kehidupan orang-orang pada saat itu dapat dipahami sebagai berikut: Old Joseon didirikan di Manchuria dan semenanjung Korea pada awal Zaman Perunggu, dan bahwa itu adalah masyarakat agraris pada saat itu dilihat dari fakta bahwa Hwanung memerintahkan hujan, awan, dan angin.


Sekitar abad ke-7 SM, Joseon Lama telah berkembang ke titik di mana keberadaannya dikenal di Cina. Sekitar abad ke-4 SM, Old Joseon menjadi kuat untuk berperang dengan negara Yen Cina.
Pada abad ke 2 sebelum masehi, Old Joseon/ Gojoseon mencapai puncak ekspansinya, segera setelah seorang pemimpin bernama Wiman menggantikan Dangun Joseon. 

Memanfaatkan budaya besi, Wiman dan penerusnya menggabungkan kekuatan suku kecil dan besar di bagian utara semenanjung Korea.


Buku-buku sejarah Tiongkok mencatat bahwa "wilayah Old Joseon meluas hingga ribuan kilometer ke segala arah." Old Joseon, khususnya, adalah negara kuat yang menguasai wilayah luas berdasarkan sistem administrasi yang terjalin dengan baik.

Kerajaan tersebut menjadi kekuatan yang kuat dari Timur, yang melawan serangan Dinasti Han di Tiongkok, dan menyatukan Tiongkok selama lebih dari setahun.


Isi Komentar Anda

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post