Selamat Datang di bunyukita.com

Macam-macam Profesi di Bidang Akuntansi



Ilmu akuntansi berperan penting dalam menyediakan informasi yang diperlukan untuk sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi oleh manajemen maupun pemilik perusahaan/entitas.

Perkembangan dunia bisnis dari waktu ke waktu yang semakin pesat ini mengakibatkan profesi akuntansi juga semakin berkembang. Hal ini menarik minat banyak orang untuk meniti karir di bidang akuntansi.

Lalu apa saja profesi-profesi tersebut?, yang mungkin kalian sudah mulai tertarik untuk ikut meniti karir di bidang akuntansi ?.


1. Akuntan Internal



Akuntan internal, dikenal juga sebagai akuntan manajemen atau akuntan perusahaan, bekerja sebagai pegawai perusahaan yang bertugas mencatat setiap transaksi keuangan sampai pada penyusunan laporan keuangan.


2. Akuntan Publik



Akuntan publik (Auditor Independen) merupakan profesi yang telah mendapatkan izin untuk memberikan jasa sesuai dengan ketentuan yang berlaku. salah satu jasanya adalah jas audit laporan keuangan.

apa itu?, akuntan publik (auditor independen) memeriksa laporan keuangan auditee (perusahaan), apakah laporan keuangan tersebut sudah dibuat secara wajar ataupun benar berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang berterima umum.

output dari hasil pemeriksaan auditor independen adalah laporan keuangan setelah audit dan opini auditor terhadap laporan keuangan tersebut, apakah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Dengan Pengecualian(WDP), Tidak wajar, atau Tidak Menyatakan Pendapat.

Keberadaan profesi ini diatur melalui perarturan/ketentuan dari pemerintah serta standar dan kode etik profesi yang ditetapkan oleh organisasi profesi.

3. Auditor Internal



Auditor Internal berbeda dengan Auditor Independen, auditor independen merupakan pihak ke-3 atau pihak yang tidak terikat sama sekali dengan organisasi yang diaudit, sedangkan auditor internal adalah bagian penilai independen yang didirikan di dalam suatu organisasi untuk memeriksa dan mengevaluasi kegiatan organisasi secara menyeluruh yang bertujuan membantu dan memperbaiki kinerja semua tingkatan manajemen dalam melaksanakan tanggung jawab secara efektif.


4. Akuntan Pemerintah



Akuntan Pemerintah adalah akuntan profesional yang bekerja di instansi pemerintah yang bertugas melakukan pemeriksaan terhadap pertanggungjawaban keuangan yang disajikan oleh unit-unit dalam organisasi pemerintahan atau pertanggungjawaban yang ditujukan kepada pemerintah.

5. Konsultan Pajak



Konsutan Pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak OP (Orang Pribadi) maupun Badan dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

6. Akuntan Pendidik



Akuntan Pendidik adalah profesi akuntansi yang memberikan jasanya pada pelayanan pendidikan akuntansi kepada masyarakat melalui lembaga - lembaga pendidikan yang ada untuk menciptakan akuntan-akuntan muda yang terampil, baik hati, rajin menabung, gembira, dan bersahaja. :'v ( canda yah :'v)

2 Comments

Silahkan berikan komentar anda...

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post