Selamat Datang di bunyukita.com

Mau Kuliah di Politeknik YKPN Yogyakarta? Begini Cara Daftarnya


Politeknik YKPN adalah salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Kota Yogyakarta dan terkreditasi "Unggul" oleh BAN-PT sejak tahun 2019 hingga 2024. Politeknik YKPN merupakan bentuk upgrade dari kampus yang dulunya bernama Akademi Akuntansi YKPN (AA YKPN) dan saat ini memiliki 3 Program Studi (Prodi), yaitu D3 Akuntansi, D4 Akuntansi Perpajakan, dan D4 Akuntansi Sektor Publik.

Saat ini profesi Akuntan masih memiliki banyak peminatnya, karena kebutuhan akan profesi Akuntan dalam dunia kerja tidak akan pernah berhenti. Organisasi apapun baik yang berorientasi profit maupun non-profit akan selalu membutuhkan seorang Akuntan.

Banyak Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan Kuliah jurusan Akuntansi salah satunya Politeknik YKPN. Politeknik YKPN memiliki sejarah panjang, berdiri sejak tahun 1970 hingga saat ini sudah mencetak lulusan Akuntan yang berkompeten terbukti ratusan perusahaan tiap tahunnya melakukan rekrutmen langsung di Kampus Politeknik YKPN.

Bagi kalian yang akan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi mungkin tertarik untuk kuliah di sini juga nih. Kabar baiknya Politeknik YKPN sudah membuka "Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)" yang akan dibuka sampai dengan 08 September 2023, terbuka untuk SMA/MA dan SMK tanpa ada batasan umur dan kelulusan.

Dikutip dari Laman Web Politeknik YKPN, pendaftaran calon mahasiswa baru TAHUN AKADEMIK 2023/2024 dapat dilakukan melalui salah satu cara sebagai berikut:
  1. Pendaftaran secara ONLINE melalui website (Silakan klik PENDAFTARAN ONLINE POLITEKNIK YKPN )
  2. Pendaftaran melalui Whatsapp (WA): 0813-2819-5888, 0818-0483-8999, 0895-3772-81193, 0852-2815-0974 atau 0895-6054-51377
  3. Pendaftaran langsung di Kampus Politeknik YKPN, Jl. Gagak Rimang No. 2-4 Yogyakarta, Senin – Jum’at, pukul 07.30-15.00 WIB.

Ada 8 Jalur Masuk Politeknik YKPN, yaitu:

1. Jalur TPA di Sekolah

Diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang telah memiliki nilai TPA, yang pernah diselenggarakan oleh POLITEKNIK YKPN atau AA YKPN di masing-masing sekolah. Bagi yang memperoleh nilai TPA 310 ke atas dapat menggunakan nilai tersebut untuk mendaftar TANPA TES TERTULIS. Apabila Kartu Hasil TPA hilang atau rusak, hasil TPA dapat dilihat di web (www.aaykpn.com/upa). DOKUMEN YANG DIPERLUKAN: Kartu Hasil TPA atau Bukti Nilai TPA (Foto/Fotokopi/Asli)
 

2. Jalur Prestasi Olahraga/Seni dan Budaya/ Ilmiah

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang memilki prestasi olah raga, seni/budaya, atau ilmiah di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, atau Nasional. Lingkup prestasi olah raga adalah semua cabang olah raga, yang diselenggarakan oleh sekolah/perguruan tinggi, pemerintah, atau klub. Lingkup prestasi seni/budaya adalah semua bidang seni/budaya, yang diselenggarakan oleh sekolah/perguruan tinggi, pemerintah, atau klub.

 

Lingkup prestasi ilmiah adalah prestasi sebagai pemenang lomba ilmiah seperti cerdas cermat, olimpiade, LKS, dan sejenisnya, yang diselenggarakan oleh sekolah/perguruan tinggi/lembaga pendidikan, atau pemerintah. Untuk dapat menggunakan jalur ini, calon mahasiswa minimal memperoleh juara 3 di tingkat kabupaten/kota baik perorangan maupun kelompok. DOKUMEN YANG DIPERLUKAN: Piagam atau Bukti Kejuaraan (Foto/Fotokopi) 


3. Jalur Tes Tulis di Kampus

Diselenggarakan dengan cara tes langsung di kampus, melalui paper based test atau computer based test (pilih salah satu). Durasi tes adalah 60 menit dengan materi Logika. Hasil tes dapat diketahui langsung pada hari yang sama. Pendaftaran dan tes dapat dilakukan setiap hari kerja Senin s.d. Jum’at pukul 08.00 s.d. 14.00 . Jam pelaksanaan tes menyesuaikan dengan kesediaan calon mahasiswa. DOKUMEN YANG DIPERLUKAN: Identitas calon mahasiswa dan bukti biaya pendaftaran.


4. Jalur Nilai Ujian Nasional (UN)/Ujian Sekolah (US)

Diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA yang memiliki rata-rata nilai UN 65,00 ke atas atau rata-rata nilai US 70,00 ke atas. DOKUMEN YANG DIPERLUKAN: Nilai UN/SKHUN/US (Foto/Fotokopi).


5. Jalur KIP Kuliah

Diperuntukan bagi calon mahasiswa yang telah mendaftar program KIP Kuliah melalui website KIP Kuliah dan memilih Politeknik YKPN atau AA YKPN sebagai perguruan tinggi pelaksana program. Calon mahasiswa tidak perlu menyerahkan berkas apapun ke Politeknik YKPN selama proses pendaftaran dan seleksi. Calon mahasiswa harus mengisi dengan benar dan lengkap semua data sebagaimana yang tercantum dalam website KIP Kuliah. Tata cara pendafataran dan ketentuan silakan dilihat dalam buku pedoman yang dikeluarkan oleh pemerintah atau website KIP Kuliah. 


6. Jalur Prestasi Akademik

Diperuntukkan bagi siswa yang memiliki rata-rata nilai Matematika semester 1 s.d. 5 sebesar 80.00 ke atas . DOKUMEN YANG DIPERLUKAN: Rapor semester 1 s.d. 5 (Foto/Fotokopi) TANPA PERLU LEGALISASI. 


7. Jalur Bibit Potensial

Diperuntukkan bagi siswa yang memiliki rata-rata nilai Matematika semester 1 s.d. 5 sebesar 75.00 s.d. 79.99 . DOKUMEN YANG DIPERLUKAN: Rapor semester 1 s.d. 5 (Foto/Fotokopi) TANPA PERLU LEGALISASI. 


8. Jalur UTBK atau Tes Potensi Skolastik (TPS)

Diperuntukkan bagi siswa yang memiliki rata-rata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau TPS 400 ke atas. DOKUMEN YANG DIPERLUKAN: Nilai UTBK atau Surat Keterangan UTBK (Foto/Fotokopi) TANPA PERLU LEGALISASI.


Baca Juga:

 

 

 






1 Comments

Silahkan berikan komentar anda...

  1. wah kampusku nnih. aku alumni politeknik ykpn angkatan 2018, dulu namanya masih Akademi Akuntansi YKPN (AA YKPN). Bagi kalian yang mau kuliah jurusan akuntansi, Politeknik YKPN rekomended sih. karena kurikulum yang disusun atau mater kuliah yang diajarkan sangat relevan dengan dunia kerja.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post