Selamat Datang di bunyukita.com

5 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Yogyakarta dengan Akreditasi Institusi "A"

5-perguruan-tinggi-swasta-pts-yogyakarta-dengan-akreditas-institusi-a

Yogyakarta dikenal dengan sebutan kota pelajar. Tentu saja sebutan ini bukan hanya sebutan belaka saja. Jika, kita berkunjung ke kota ini, banyak sekali kita temui mahasiswa yang belajar di kota ini dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.
 
selain itu, di jogja juga banyak sekali kampus-kampus berdiri baik Negeri maupun Swasta. seperti Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan lain sebagainya.

Selain kampus yang banyak, kampus tersebut juga berkualitas dan juga memiliki fasilitas yang sangat baik. Setiap kampus yang ada di Jogja hampir semuanya sudah terakreditasi sehingga kualitasnya tidak perlu untuk diragukan laagi.
 
Ada banyak fasilitas menarik yang ditawarkan oleh setiap kampus apalagi kampus negeri atau kampus yang sudah tersohor di kota ini. Banyak pelajar yang bangga belajar di Jogja kerena pengajarnya yang kompeten serta fasilitas yang sangat menunjang.

Selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Yoyakarta juga memilikk banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bagus-bagus bahkan tidak sedikit PTS tersebut sudah terakreditasi A. Berikut 5 Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta dengan Akreditasi A.

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)


Kampus UMY


Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendapatkan Peringkat Ke-1 PTS terbaik di Yogyakarta dan Peringkat ke-3 di Indonesia versi WebometricsJika disejajarkan dengan perguruan tinggi negeri nasional, UMY ada di posisi ke 01, sedangkan secara global menempati urutan ke 1.906.
 
 
 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki fasilitas kampus yang baik, selain itu juga Peningkatan kualitas SDM pengelola mendapat prioritas utama dalam pengembangan UMY. Oleh karena itu, setiap tahun UMY mengirimkan sekitar 20 hingga 30 tenaga pengajar untuk mengikuti studi lanjut, S2 dan S3, baik di dalam maupun di luar negeri, sehingga menciptakan lulusan yang unggul dan islami.
 



2. Universitas Islam Indonesia (UII)


Kampus UII (Kaliurang)


Universitas Islam Indonesia (UII) mendapatkan Peringkat ke-9 PTS terbaik di indonesia versi webometrics. Universitas Islam Indonesia disingkat UII adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Yogyakarta pada hari Ahad tanggal 27 Rajab 1364 H bertepatan dengan tanggal 8 Juli 1945 M.
 
Dengan lokasi kampus yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Kampus Terpadu terletak di Jalan Kaliurang KM 14,5 Kabupaten Sleman, dekat daerah wisata Kaliurang dan berjarak 20 KM dari puncak Gunung Merapi. Kampus Fakultas Ekonomi terletak di Jalan Ringroad Utara, Condongcatur, Kabupaten Sleman. Kampus Fakultas Hukum di Jalan Tamansiswa, Kota Yogyakarta dan Kampus lainnya di Jalan Cik Dik Tiro, Kota Yogyakarta dan Demangan Baru, Kabupaten Sleman.  
 

3. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)


Kampus UAD 


Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, Indonesia. Didirikan pada tanggal 18 November 1960. Universitas Ahmad Dahlan mengembangkan bidang keahlian atau program studi-program studi dalam bidang teknologi (technological sciences) maupun bidang sosial dan humaniora (social sciences). Universitas Ahmad Dahlan adalah salah satu universitas terbaik diindonesia yang telah menyandang akreditasi "A" dari BAN-PT. UII mendapatkan peringkat ke-5 PTS terbaik di Indonesia versi webometrics



4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta


Kampus UAJY (Babarsari)


Universitas Atma Jaya Yogyakarta, (Hanacaraka:ꦈꦤꦶꦮ꦳ꦼꦂꦱꦶꦠꦱ꧀​ꦄꦠ꧀ꦩ​ꦗꦪ​ꦔꦪꦺꦴꦒꦾꦏꦂꦠUniversitas Atma Jaya Ngayogyakarta) didirikan 27 September 1965 oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta. Lima orang pendiri Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah:

  • Prof. R.A. Soehardi,S.H.
  • Drs. A.J. Liem Sioe Siet
  • A., Sutijoso, S.H.
  • Prof. Drs. Oey Liang Lee
  • Dr. Leo Sukoto, S.J.

Awalnya sebagai cabang Universitas Atma Jaya Jakarta, kemudian memisahkan dan menjadi independen di bawah Yayasan Slamet Rijadi pada tanggal 31 Agustus 1973.

 

Baca Juga: Wage Rudolf Supratman dan Lagu Indonesia Raya


Dimulai dengan meminjam ruang kelas di IKIP Sanata Dharma, kini Universitas Sanata Dharma, pembangunan gedung kampus sendiri selesai pada tahun 1980 yang berlokasi di Jalan Demangan Baru 28, berseberangan dengan Universitas Sanata Dharma.

 

Dengan semakin berkembangnya jumlah mahasiswa, pada tahun 1990 bertepatan dengan pesta peraknya, rektorat dan Fakultas Teknik menempati gedung baru di Jalan Babarsari. Pada tahun 1995, Fakultas Ekonomi dan Program Magister juga menempati gedung baru, di seberang gedung rektorat, juga di Jalan Babarsari Yogyakarta. UAJY mendapatkan peringkat ke - 11 PTS terbaik di Indonesia versi webometrics


5. Politeknik YKPN


Kampus Politeknik YKPN/AA YKPN (Gondokusuman)


Akademi Akuntansi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (AA YKPN) adalah sekolah tinggi yang terletak di kota Yogyakarta dengan program studi Akuntansi (D3), dan yang terbaru ini AA YKPN membuka Prodi baru yakni AKuntansi Perpajakan (D4).

Akademi Akuntansi YKPN didirikan di Yogyakarta pada tanggal 22 Maret 1970 dan memperoleh status Terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Cq. Direktur Pendidikan Tinggi No. 217/DPT/B/1970 pada tanggal 30 Oktober 1970.

 
Pada saat itu jumlah mahasiswa yang terdaftar sebanyak 81 orang. Hingga tahun 1973 institusi ini menggunakan Balai RK Surokarsan sebagai tempat untuk kegiatan belajar mengajar. Setelah mendapatkan izin Sri Sultan Hamengku Buwono IX selaku dewan pembina, sejak tahun 1974 hingga saat ini AA-YKPN menggunakan kampus yang terletak di daerah Balapan, Yogyakarta sebagai tempat kuliah.
 
Akademi Akuntansi YKPN mendapatkan Akreditasi INstitusi "A" dari BAN-PTdengan No. SK 303/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019

Dalam perjalanannya, AA YKPN mampu menempatkan diri pada jajaran terdepan lembaga pendidikan tinggi swasta di bidang akuntansi. Beberapa hal yang telah dilakukan oleh istitusi ini dalam proses perkembangan awalnya antara lain:

  • Menjadi pemrakarsa Musyawarah Antar Perguruan Tinggi Akuntansi Swasta se-Indonesia pada tahun 1978.
  • Memelopori penggantian matakuliah akuntansi peninggalan Belanda ke matakuliah yang berorientasi ke Amerika Serikat.
  • Memelopori penerapan sistem kredit semester pada pertengahan tahun 1978.

 

 



2 Comments

Silahkan berikan komentar anda...

  1. Politeknik YKPN (Akademi Akuntansi YKPN) adalah salah satu perguran tinggi swasta terbaik yang ada di yogyakarta. Politeknik YKPN sebelumnya hanya terdapat satu jurusan yaitu D3 Akuntansi. banyak lulusannya yang langsung bekerja atau direkrut perusahaan begitu mereka lulus atau bahkan sebelum lulus kuliah. Banyak juga pengguna lulusan dari Politeknik YKPN yang merasa puas akan kinerja lulusan dari politeknik ykpn. jaya terus Politeknim YKPN Yogyakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Banyak Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di jogja. Salah satunya Politeknik YKPN. Lulusan sudah tak diragukan lagi dalam dunia kerja. Karena mereka dibekali kompetensi di bidang akuntansi yang memadai siap untuk bekerja

      Delete

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post