Selamat Datang di bunyukita.com

Magang di Kantor Akuntan Publik - Magangnya Mahasiswa Akuntansi


magang-di-kantor-akuntan-publik-magangnya-mahasiswa-akuntansi

Magang Kerja/Internship 

Magang, sebenarnya adalah sebuah kesempatan untuk menerapkan kompetensi/ilmu yang diperoleh selama masa pendidikan di bangku kuliah untuk mempraktikannya dalam dunia kerja dan mendapatkan pengalaman kerja.

 

Magang biasanya dilakukan para Pelajar/Mahasiswa tingkat akhir untuk menyelesaikan "Tugas Akhir"nya. Selain itu magang juga biasa dilakukan oleh para fresh graduate atau mereka yang ingin bekerja di sebuah perusahaan untuk mendapatkan pengalaman kerja.


Saat ini banyak Sekolah/Perguruan Tinggi yang bekerja sama dengan berbagai perusahaan, instansi pemerintah untuk Program Magang. Ini berarti Institusi pendidikan juga sadar bahwa Program Magang bagi peserta didiknya sangat bermanfaat.

 

Program Magang memberikan kesempatan mahasiswanya untuk memperoleh pengalaman kerja, sehingga saat lulus dari Sekolah/Perguruan Tinggi, selain ilmu/kompetensi, para lulusan juga sudah berbekal pengalaman kerja.

 

Baca Juga: Macam-macam Profesi di Bidang Akuntansi

 

Magang di Kantor Akuntan Publik

Kantor Akuntan Publik adalah tempat magang terbaik bagi mahasiswa akuntansi. mengapa bisa begitu? yah, berdasarkan pengalaman dan cerita dari teman, kakak tingkat yang pernah magang di Kantor Akuntan Publik.

 

Magang di KAP menjadi magang terbaik bagi mahasiswa akuntansi dibandingkan tempat lainnya adalah karena kompetensi/pengetahuan yang telah kita peroleh bisa diterapkan di KAP secara optimal dibandingkan jika dibandingkan dengan mereka yang magang di instansi pemerintahan atau perusahaan lainnya. 

 

Lalu apa saja kegiatan yang dilakukan saat magang di KAP?. 


Saat Mahasiswa Akuntansi magang di KAP, biasanya mereka akan ditempatkan sebagai asisten auditor di mana mereka bertugas membantu pekerjaan audit yang sedang dilakukan oleh seorang Auditor yang bertugas. 

 

Apa Saja Tahapan Audit yang dilakukan dari Awal Hingga Akhir?

Secara garis besar ada 4 tahapan dalam melakukan audit laporan keuangan, yaitu:

 1. Perikatan Audit

Pada tahap ini KAP mengevaluasi integritas manajemen, mengidentifikasi bisnis klien, kemudian menentukan apakah auditor KAP tesebut memiliki kompetensi untuk melakukan audit tersebut. setelah evaluasi selesai dan KAP menerima klien tersebut, selanjutnya membuat penugasan audit.

 

2. Perencanaan Audit

Beberapa hal yang dilakukan pada tahap  ini adalah:

- Memahami bisnis klien 
- Melaksanakan Prosedur Analitik
- Mempertimbangkan tingkat materialitas awal
- Mempertimbangkan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap saldo awal, jika penugasan klien berupa audit tahun pertama
- Mereview informasi yang berhubungan dengan kewajiban-kewajiban memahami SPI klien

3. Pelaksanaan Pengujian Audit

 Terdapat 3 jenis pengujian audit yang biasa dilakukan oleh auditor, yaitu:

- Pengujian Analitis 
- Pengujian Pengendalian Internal
- Pengujian Substansi

 

    Baca Juga:

 

4. Pelaporan Audit

Setelah uji audit dilaksanakan, tahap akhir yang harus dilakukan adalah melaporkan hasil audit. Di dalam laporan audit terdapat lingkup audit, objek audit, tujuan audit, hingga hasil audit serta rekomendasi yang harus diberikan jika ada kekurangan. 

Laporan audit ini merupakan bentuk komunikasi auditor dengan pihak lainnya, sehingga harus dibuat dengan sangat detail, teliti dan penuh tanggung jawab. Hal ini dilakukan untuk menjaga kinerja dan nama baik tempat auditor bekerja
 

Magang di KAP MNK dan Rekan

Antonius Aditya Bayu Nugroho (Adit) Mahasiswa STIE YKPN Yogyakarta, merupakan salah satu dari sekian banyak Mahasiswa yang merasakan manfaat dari magang. 

 

Adit magang di Kantor Akuntan Publik yang ada di Yogyakarta, yaitu  di KAP MNK & Rekan. Adit magang di KAP sebagai Asisten Auditor dalam Projek Pemeriksaan Pajak Daerah untuk tahun pajak 2019 & 2020.


magang-di-kantor-akuntan-publik-magangnya-mahasiswa-akuntansi


Bagaimana cara Magang di KAP MNK dan Rekan?

Magang di KAP MNK & Rekan melalui beberapa tahap Pertama kalian baik yang mau magang untuk tugas kampus maupun secara mandiri mendaftarkan diri lewat Google Form berikut: Form Magang di KAP MNK

Setelah kalian selesai mendaftar di Google Form tersebut, tinggal menunggu panggilan untuk interview. semoga kalian bisa magang di sana yak! dan mendapatkan pengalaman dari sana.


Untuk syarat dan info lebih lanjut kalian bisa lihat Postingan instagram KAP MNK di bawah ini:


 


Isi Komentar Anda

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post