Selamat Datang di bunyukita.com

Syarat dan Cara Mendaftar Program Beasiswa KIP Kuliah Merdeka

syarat-dan-cara-mendaftar-program-beasiswa-kip-kuliah-merdeka

 

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang perekonomian, sayangnya tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan studi hingga perguruan tinggi karena terkendala biaya.

 

Namun, saat ini terdapat program bantuan pendidikan dari pemerintah melalui pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP). KIP sekarang tidak hanya berlaku dari SD hingga SMA, namun bisa digunakan untuk melanjutkan di jenjang perguruan tinggi dengan KIP Kuliah Merdeka

 

Apa itu KIP Kuliah Merdeka?

Di tahun 2021 Kemendikbudristek melakukan transformasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah menjadi KIP Kuliah Merdeka, sebagai salah satu bentuk jaminan pembiayaan pendidikan dan bantuan biaya hidup yang diberikan kepada lulusan SMA, SMK atau sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 



KIP Kuliah dapat digunakan untuk mendaftar seleksi di jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK – SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), Seleksi Mandiri PTN dan Seleksi Mandiri PTS

 

Baca Juga: Semua Siswa Bisa Kuliah dengan KIP Kuliah Merdeka, Termasuk di PTS

 

Persyaratan Mendaftar KIP Kuliah Merdeka

Untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2022, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos;
  4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Cara Mendaftar KIP Kuliah Merdeka 2022

Menurut Indonesia.go.id berikut cara mendaftar KIP Kuliah Merdeka 2022 secara mandiri:

  1. Login ke laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau di KIP Kuliah mobile apps;
  2. Input Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat e-mail yang aktif;
  3. Validasi NIK, NISN, dan NPSN;
  4. Siswa akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses;
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah;
  6. Mendaftar dan mengikuti seleksi perguruan tinggi sesuai jalur masuk SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri pada panitia seleksi nasional atau panitia seleksi masuk perguruan tinggi;
  7. Setelah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, langkah terakhir ialah verifikasi.



Bagi calon penerima KIP Kuliah Merdeka yang dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.


KIP Kuliah akan diberikan kepada 200 ribu mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di bawah naungan Kemendikbud. Adapun biaya pendidikan akan disesuaikan dengan prodi masing-masing.


“Untuk prodi berakreditasi A, mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka ini akan bisa mendapatkan maksimal 12 juta rupiah. Kemudian, prodi berakreditasi B bisa mendapatkan maksimal 4 juta rupiah. Dan prodi berakreditasi C bisa mendapatkan maksimal 2,4 juta rupiah,” terang Mendikbud.

 

Kemudian untuk biaya hidup mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka, merujuk pada Survei Sosial Ekonomi Nasional 2019, Kemendikbud membuat klasterisasi dengan membagi menjadi lima klaster daerah.

 

Mahasiswa yang berada di daerah klaster 1 akan menerima biaya hidup sebesar Rp800.000 per bulan, daerah klaster 2 sebesar Rp950.000, daerah klaster 3 sebesar Rp1.100.000, daerah klaster 4 sebesar Rp1.250.000, dan daerah klaster 5 sebesar Rp1.400.000. Biaya hidup tersebut juga meningkat dari biaya hidup di 2020 yang besarannya dipukul rata untuk semua daerah di Indonesia, yaitu Rp700.000 per bulan.

 

Beasiswa Khusus KIP Kuliah dari POLITEKNIK YKPN Yogyakarta

Berdasarkan informasi yang kami baca dari poltekykpn.ac.id, Politeknik YKPN memiliki program beasiswa KIP kuliah serupa seperti kemendikbud. Namun, program beasiswa ini yang diselenggarakan oleh Politeknik YKPN ini murni berasal dari intsitusi tersebut. 

 

Politeknik YKPN memberikan beasiswa khusus ini sebagai bentuk kepedulian kepada calon mahasiswa yang berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi. adapun informasi pendaftaran dan selengkapnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini:

 


 




Isi Komentar Anda

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post