Selamat Datang di bunyukita.com

Sejarah Cao Cao, Sang Selebriti Selama Periode 3 Kerajaan di China

sejarah-cao-cao-sang-selebriti-selama-periode-3-kerajaan-di-china

Cao Cao adalah salah satu pesaing utama dalam perebutan kekuasaan di dinasti Han. Kekaisaran Han hancur dan terjadi banyak bencana alam dan kematian Cao Cao sendiri pada tahun 220 memicu berakhirnya kekaisaran, karena ketika dia meninggal, putranya menggulingkan Kaisar Han Xian dan menjadikan dirinya seorang kaisar.

 

Cao-cao mencoba menaklukkan seluruh kekaisaran dalam Pertempuran Tebing Merah, tetapi dia gagal. Selama karir politiknya yang panjang, ia membantu mengalahkan pemberontakan Sorban Kuning, memperoleh kekuasaan di Wei, mengalahkan tentara yang kuat dengan kekuatan yang jauh lebih kecil, menguasai istana dinasti, kalah dalam Pertempuran Tebing Merah yang penting, dan mempromosikan kebijakan untuk membantu. wilayahnya menjadi makmur.


Baca Juga: Sejarah Pemberontakan Sorban Kuning, Awal Mulai Jatuhnya Dinasti Han

Penemuan makam Cao Cao di Desa Xigaoxue di Kabupaten Anyang, Provinsi Henan telah menarik perhatian dunia pada tahun 2009. Banyak koleksi artefak telah dievakuasi dari makam.
 

Cao-cao lahir pada tahun 155 M di Anhui. Ia lahir di masa yang sulit secara politik dan ekonomi. Terdapat banyak pembunuhan dan konflik di pengadilan yang berkuasa. Faksi pengadilan utama adalah para kasim yang merupakan pejabat pengadilan, klan Dinasti Han, dan birokrat Konfusianisme.

 

Dua kaisar bernama Kaisar Huan dan Kaisar Ling mengandalkan kasim untuk menjalankan Pemerintah, dan mereka dikatakan sebagai kaisar yang sangat buruk yang menghabiskan waktu mereka dengan ratusan selir dan menyia-nyiakan perbendaharaan kekaisaran selama masa krisis ekonomi. Di bawah Kaisar Ling yang memerintah selama sekitar dua puluh tahun sampai 189 M, dikatakan bahwa para kasim melelang kantor-kantor pemerintahan


Pada tahun 175 M, Cao Cao menjadi pejabat militer di Luoyang. Ketika Pemberontakan Sorban Kuning pecah pada tahun 184 M, ia dikirim untuk memadamkan pemberontakan.

 

Baca Juga: Sejarah Kawakami Gensai, Samurai X Asli dalam Sejarah Jepang 

Seiring dengan konflik di pengadilan yang berkuasa ditambahkan perang saudara regional antara tentara pemberontak dan penguasa daerah dan tentara Han. Penguasa daerah menjadi relatif lebih kuat daripada pengadilan. Pada tahun 194 M, terjadi kelaparan hebat akibat wabah belalang.


Pada tahun 195 M, Kaisar Xian mencari perlindungan dengan Cao Cao. Kaisar Xian tinggal di Xuchang yang merupakan salah satu kota yang berada di wilayah kekuasaan Cao Cao.

 

Dia memerintah atas nama kaisar dan memiliki gelar Panglima Tertinggi. Cao Cao mengumpulkan pasukan yang terdiri dari puluhan ribu Sorban Kuning. Ada banyak pertempuran di banyak tempat dalam dekade tersebut.

Pada tahun 200 M, seorang penguasa teritorial utara bernama Yuan Shao memimpin pasukan sekitar 100.000 tentara untuk menyerang Xuchang. Cao Cao menemuinya dengan 20.000 tentara di Sungai Kuning. Kedua pasukan menemui jalan buntu untuk beberapa saat, dan kemudian pasukan Cao Cao menang ketika mereka menyerang persediaan Yuan Shao.

Baca Juga: Old Joseon atau Joseon Kuno, Kerajaan Pertama yang Berdiri di Korea

Pada tahun 207 M, Cao Cao menguasai wilayah utara Sungai Yangtze. Liu Bei adalah pemimpin di wilayah Shu Han di barat daya sekitar Sichuan, dan Sun Quan adalah pemimpin di wilayah Dong Wu di tenggara.
 

Pertempuran Tebing Merah (Tahun 208 M)

Cao Cao berhasil memperluas wilayahnya dan mengalahkan saingannya hingga Pertempuran Tebing Merah (reruntuhan situs pertempuran terletak 36 kilometer barat laut Kota Puqi, di tepi selatan Sungai Yantze.

 

Pada tahun 208, dia berbaris ke selatan dengan pasukan besar. Saingan utamanya Sun Quan di Dong Wu dan Liu Bei dan Zhuge Liang di Shu Han membuat aliansi. Pasukan Cao Cao dikatakan berjumlah sekitar 200.000 tentara. Tapi dia dikalahkan oleh sekitar 50.000 tentara saingannya. Armada Cao Cao dibakar.

 

Akhir Kekaisaran Han (Tahun 220)

Cao Cao meninggal pada usia 64 atau 65. Kemudian putranya bernama Cao Pi memaksa Kaisar Xian untuk turun tahta. Dia menamakan dirinya sendiri kaisar baru Kekaisaran Wei.

 

Baca Juga: Sejarah Perang Dunia ke-2

 

Ada bukti bahwa Cao Cao dan Cao Pi merencanakan Cao Pi untuk menggulingkan kaisar setelah dia meninggal. Dengan mencoba menaklukkan seluruh kekaisaran, dia dan putranya memainkan peran utama dalam mengakhiri Kekaisaran Han

 

Kebijakan Menguntungkan yang dibuat oleh Cao-Cao

Kehidupan rakyat dinasti di masa kehancuran dinasti Han ini sangat tragis. Kelaparan yang meluas akibat wabah belalang pada tahun 194 M menewaskan banyak orang. Orang-orang bermigrasi untuk mencari keamanan dari perang dan gerombolan bandit.

 

Cao Cao ingin memperkaya kerajaannya, jadi dia mendidik rakyat dan membuat kebijakan pertanian. Cao Cao membebani para petani di Cao Wei dengan berat untuk mendukung perangnya, tetapi wilayahnya relatif aman dan stabil, sehingga para petani dapat menanam tanaman mereka dengan aman.

 

Dia juga menetapkan bahwa anak-anak berbakat harus dipilih untuk bersekolah. Para pejabat diperintahkan untuk memilih anak-anak berbakat di wilayah hukum mereka, dan sekolah-sekolah didirikan untuk mereka.

Isi Komentar Anda

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post