Selamat Datang di bunyukita.com

Anggaran Pemerintahan - Akuntansi Sektor Publik

anggaran-pemerintahan-akuntansi-sektor-publik

Pengertian Anggaran

Anggaran merupakan pernyataan mengenai rencana kegiatan yang akan dilakukan selama periode waktu tertentu yang dinyatakan dalam ukuran keuangan. Sedangkan penganggaran adalah proses atau metode untuk mempersiapkan suatu anggaran. Berbeda dengan sektor swasta (private), penganggaran dalam organisasi Pemerintahan (public) merupakan tahapan yang cukup rumit dan mengandung nuansa politik yang tinggi.

 

Anggaran Pada Sektor Swasta dan Pemerintah

Pada sektor swasta, anggaran umumnya tertutup untuk publik, sebaliknya pada pemerintahan anggaran justru harus diinformasikan kepada publik untuk dikritik, didiskusikan dan diberi masukan agar sesuai dengan asprasi masyarakat.


Anggaran Pemerintahan juga merupakan instrumen akuntabilitas atas pengelolaan dana publik dan pelaksanaan program-program yang dibiayai dengan uang publik. Penganggaran Pemerintahan terkait dengan proses penentuan jumlah alokasi dana untuk tiap-tiap program dan aktivitas dalam satuan moneter. Proses penganggaran organisasi Pemerintahan dimulai ketika perumusan strategi dan perancangan strategi telah selesai dilakukan.


    Baca Juga:

  1. Kasus Pemalsuan Uang Terbesar di Korea Selatan - Tertangkap Setelah 8 Tahun Beraksi
  2. Mengenal Apa Itu Audit dan Profesinya


Anggaran merupakan pernyataan dari hasil perumusan strategi dan perancanaan strategik yang telah dibuat. Tahap penganggaran menjadi sangat penting karena anggaran yang tidak efektif dan tidak berorientasi pada kinerja akan dapat menggagalkan perencaan yang sudah disususn. Anggaran merupakan rencanan manjamanen melakukan kegiatan untuk memfasilitasi tercapainya tujuan oranisasi.


Aspek-aspek yang harus tercakup dalam Anggaran Pemerintahan meliputi:

  1. Aspek Pernecanaan
  2. Aspek Pengendalian
  3. Aspek Akuntabilitas Publik


Anggaran Pemerintahan berisi rencana kegiatan yang dipresentasikan dalam bentuk rencana perolehan pendapatan dan belanja dalam satuan moneter. Dalam bentuk yang paling sederhana anggaran Pemerintahan merupakan suatu dokumen yang menggambarkan kondisi keuangan dari suatu organisasi Pemerintahan yang meliputi informasi mengenai pendapatan, belanja, dan aktivitas.


Anggaran berisis estimasi mengenai apa yang akan dilakukan organasisasi Pemerintahan di masa yang akan datang. Setiap anggaran memberikan informasi mengenai apa yang hendak dilakukan dalam beberapa periode yang akan datang.


Baca Juga: Magang di Kantor Akuntan Publik - Magangnya Mahasiswa Akuntansi


Secara singkat dapat dinyatakan bahwa anggaran Pemerintahan merupakan suatu rencana finansial yang menyatakan:

  1. Beberapa biaya atas rencana-rencana kegiatan yang dibuat (pengeluaran/belanja) dan
  2. Berapa banyak dana yang dapat diraih (penerimaan/pendapatan)
  3. Bagaimana caranya memperoleh uang untuk mendanai rencana tersebut


Penganggaran Pemerintahan harus diawasi mulai tahap perencanaan, pelaksanaan, dan Pelaporan. Proses penganggaran akan lebih efektif jika diawasi oleh lembaga pengawas khusus (oversight body) yang bertugas mengontrol proses perencanaan dan pengendalian anggaran.

 

Isi Komentar Anda

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post