Selamat Datang di bunyukita.com

Komponen Pengendalian Internal Menurut COSO (Committee of Sponsoring Organization)

 

Salah satu alasan mengapa SPI penting untuk dilakukan adalah ruang lingkup dan ukuran bisnis perusahaan yang sangat kompleks dan tersebar luas sehingga manajemen suatu perusahaan harus bergantung pada sejumlah laporan dan analisis, SPI yang efisien dan efektif dapat memberikan informasi yang tepat bagi manajer maupun dewan direksi untuk mengambil keputusan maupun kebijakan yang tepat guna mencapai tujuan perusahaan. 


Komponen-komponen pengendalian internal dalam kerangka pengendalian Committee of Sponsoring Organization (COSO) adalah sebagai berikut:

a.   Lingkungan Pengendalian (A Control Environment )

Merupakan tanggung jawab manajemen puncak untuk menyatakan dengan jelas nilai-nilai integritas dan kegiatan tidak etis yang tidak dapat ditoleransi.

b.   Penaksiran Risiko ( Risk Assesment )

Perusahaan harus mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang menciptakan risiko bisnis dan harus menentukan bagaimana caranya mengelola risiko tersebut.

c.   Kegiatan Pengendalian ( Control Activities )

Untuk mengurangi terjadinya kecurangan, manajemen harus merancang kebijakan dan prosedur untuk mengidentifikasi risiko tertentu yang dihadapi perusahaan.

d.   Informasi dan Komunikasi (Information and Communication)

Sistem pengendalian internal harus dikomunikasikan dan diinformasikan kepada seluruh karyawan perusahaan dari atas hingga bawah.

e.   Pemantauan (Monitoring)

Sistem pegendalian internal harus dipantau secara berkala. Apabila terjadi kekurangan yang signifikan, harus segera dilaporkan kepada manajemen puncak dan ke dewan komisaris.

 

Baca Juga:


Isi Komentar Anda

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post