Selamat Datang di bunyukita.com

Tutorial Membuat Link WA Secara Otomatis (WA Generator) dan Manual



Cara Membuat Link WA dengan Mudah (Manual dan Otomatis) - Aplikasi WhatsApp adalah salah satu aplikasi messenger yang sering dan banyak digunakan oleh penduduk bumi saat ini. Aplikasinya yang ringan, tidak ada iklan, dan mudah digunakan menjadi alasan kebanyakan orang menggunakan WhatsApp (WA).


Penggunaan WhatsApp pun juga dimanfaatkan sebagai media komunkasi yang digunakan oleh banyak olshop karena sangat mudah berinteraksi dengan pelanggan dibandingkan menggunakan email, atau form pembelian berbasis web, biasanya pelanggan/ calon pembeli terlalu malas untuk mengisi form-form tersebut. Sehingga, dirasa lebih mudah dan fleksibel menggunakan WhatsApp.


Baca Juga: 3 Cara Menghasilkan Uang dari Internet


Namun, masih banyak olshop yang hanya mencantumkan Nomor WAnya di Media Sosial mereka (Misal: Instagram), padahal calon pembeli malas juga harus mencatat nomor kemudian baru bisa chat penjual. Selain itu dengan menggunakan WA, biasanya proses tanya-jawab antara penjual dan pembeli lebih responsif.

 

Ada cara yang lebih praktis agar calon pembeli bisa langsung chat penjual di wa, yakni dengan membuat Link WhatsApp kalian yang di mana ketika link tersebut diklik langsung menuju kolom chat kalian (penjual).


Baca Juga: Cara Memendekkan dan Custom URL di bitly


Caranya sangat mudah, ada 2 cara yang akan saya share kepada kalian yaitu pertama membuat link WhatsApp dengan link WA Generator (Otomatis) dan dengan cara manual (membuat sendiri kode link WAnya).

 

Yuk! langsung saja ikuti 2 cara tersebut di bawah ini.


1. Cara Membuat Link WhatsApp dengan Menggunakan Link WA Generator (Otomatis)

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat link WhatsApp (WA) dengan menggunakan link WA Generator yaitu wa.wizard.id:


Pertama, buka web wa.wizar.id dengan cara klik Di Sini maka akan langsung muncul webnya seperti gambar di bawah ini

tutorial-membuat-link-wa-dengan-mudah
Home Page wa.wizard.id


Kedua, setelah web wizard.id terbuka, isi semu informasi yang diminta pada kolom pembuatan link-nya, No. Hp (WA), dan isi pesan otomatis yang ingin dibuat. Jika, nomor dan isi pesan dirasa sudah sesuai silahkan kalian klik tombol "Generate Link"

 

Baca Juga: Tutorial Download Video di Pexels

 

Setelah menekan tombol "Generate Link" maka link wanya otomatis sudah terbuat tinggal kalian copy dan tempelkan ke Bio medsos kalian instagram maupun yang lainya. selain, berbentuk link , kalian juga bisa mengubahnya dalam bentuk QR Code dengan mengklik pilihan QR code di sebelahnya. 


oh iyah, jika kalian mau tampilan linknya lebih pendek dan mengcustom urlnya, kalian bisa memendekkan linknya dan mengubah namanya melalui bitly, kalian bisa baca tutorial/caranya di artikel ini:  Cara Memendekkan dan Custom URL di bit.ly


2. Cara Membuat Link WhatsApp dengan Manual

Selain dengan cara otomatis seperti yang sebelumnya, kalian juga bisa membuat link WA secara manual. kalian hanya tinggal menggunakan template URL yang ada di bawah ini

 

Copy link berikut: https://api.whatsapp.com/send?phone=6281255652096

 

Kalian tinggal copy url di atas kemudian sesuaikan nomor wa-nya dengan nomor wa kamu dan dalam penulisan nomor kalian tidakperlu menuliskan tanda plus (+) juga.

 

Baca Juga: Tutorial Membuat Daftar Isi atua Table of Content di Wordpress

 

Jika kalian ingin menambahkan teks atau isi pesan otomatis seperti di cara yang sebelumnya kalian tinggal menambahkan kata "&test=" setelah nomor WA, seperti contoh di bawah ini:

 

Copy link berikut: https://api.whatsapp.com/send?phone=6281255652096&text=Hai%20kak%20saya%20ingin%20membeli%20baju

 

Simbol "%20" digunakan untuk memberikan spasi pada text, dan untuk enter kalian bisa menggunakan %0A . Setelah itu kalian tinggal copy url tersebut kemudian menempelkannya pada paltform media sosial kalian seperti di cara sebelumnya.


untuk membuat link WA yang sudah kalian buat tadi dengan lebih bagus dan sederhana lagi kalian bisa membuatnya dengan menggunakan bit.ly. silahkan baca caranya di artikel ini: Cara Memendekkan dan Custom URL di bit.ly


2 Comments

Silahkan berikan komentar anda...

  1. informasi yang sangat bermanfaat dan mudah diaplikasikan, terima kasih karena artikel ini sangat membantu 👍🏻🔥

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post