Selamat Datang di bunyukita.com

Manfaat dan Cara Mengolah Cangkang Telur




Sebagian besar orang pasti mengkonsumsi telur, setiap masakan/olahan banyak menggunakan telur sebagai bahan dasarnya, membuat adonan kue roti bakwan, dan makanan utama lainnya. Bahkan, pada acara spesial dan bulan-bulan tertentu seperti bulan ramadhan dan idul fitri, konsumsi telur meningkat secara drastis.

Namun, cangkang dari telur yang diolah tersebut kebanyakan orang membuangnya dan hanya menjadi limbah tak berguna. sebaiknya, cangkang telur jangan dibuang begitu saja, karena masih memiliki manfaat lainnya yang bisa digunakan. Cangkang telur yang sudah diolah bisa dicampur dengan masakan lainnya untuk dikonsumsi karena mengandung kalsium sehingga bagus untuk tulang, gigi atau digunakan untuk pupuk.



lalu, bagaimana cara mengolahnya?
sangat mudah!, pertama, cuci/bersihkan cangkang telur yang setelah digunakan, kemudian rebus cangkang telur yang sudah dibersihkan tadi. rebus selama 15 menit kemudian tiriskan dan keringkan. setelah itu, cangkang telur di tumbuk tumbuk sampai halus seperti powder atau bubuk (lebih praktis gunakan blender khusus jika punya). Saring cangkang telur yang sudah di tumbuk tadi ambil yang halusnya saja kemudian taruh dalam toples.

bubuk tersebut bisa kalian campurkan di makanan seperti sup, soto, bakso, dsb atau bisa kalian berikan pada bayi, campurkan pada bubur bayinya sebanyak setengah sendok, maka tulangnya akan tumbuh dengan baik dan tidak mudah keropos saat hari tua nanti.


Selamat mencoba! 

1 Comments

Silahkan berikan komentar anda...

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post