Selamat Datang di bunyukita.com

Kisah Abu Bakar As-Siddiq yang Sabar Ketika di Cela Orang



Suatu ketika ada seseorang yang mencela Abu Bakar, sedangkan Rasulullah duduk disebelahnya. Beliau takjub dan tersenyum (melihat Abu Bakar tidak membalasnya).

Namun, ketika celaan orang itu sudah melampaui batas, Abu Bakar pun membalas sebagian celaan orang itu, maka Nabi Muhammad SAW marah lalu berdiri dan beranjak pergi.


Abu Bakar pun mengikutinya dan berkata  "Wahai Rasulullah, tadi orang itu mencelaku dan engkau hanya duduk saja. ketika ia telah melampaui batas dan aku membalasnya, engkau marah dan berdiri. 

Rasulullah SAW bersabda "tadinya ada malaikat yang menyertaimu membalas ucapanya. Namun ketika engkau membalas ucapan orang itu, setan datang. dan aku tidak mau duduk bersama setan. 

Wahai Abu Bakar, ada tiga hal yang merupakan  suatu kepastian: tidaklah seorang hamba dizhalimi lalu ia bersabar dan melupakannya karena Allah, melainkan Allah akan menguatkannya dengan pertolongannya. Tidaklah seseorang membuka pintu pemberian untuk menjalin silaturahmi, melainkan Allah akan menambah hartanya. Tidaklah seseorang membuka pintu meminta untuk memperbanyak harta, melainkan Allah akan mengurangi hartanya.

3 Comments

Silahkan berikan komentar anda...

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post