Selamat Datang di bunyukita.com

6 Cara Membangkitkan Semangat Dalam Bekerja


Berusaha bersungguh-sungguh dalam mencari rezeki memang keharusan. Bekerja merupakan bentuk upaya untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga. Meskipun berhubungan dengan aktivitas duniawi, namun bekerja dapat termasuk dalam kategori ibadah kepada Allah, selama dilakukan dengan niat karena Allah dan sesuai syariat-Nya

 

Rasulullah SAW bersabda,

Barangsiapa keluar rumah untuk berusaha (menghidupi) anaknya yang masih kecil, ia berada di jalan Allah. Jika ia keluar demi kedua orang tuanya yang telah renta, ia berada di jalan Allah. Jika keluar demi menghidupi dirinya (agar menjadi orang terhormat) ia pun berada di jalan Allah.
HR. Thabrani

 

Dalam aktivitas bekerja sehari-hari, kadang lelah dan jenuh mengurangi semangat kita. Islam mengajak kita untuk terus berusaha dan bekerja, serta memerintahkan kita untuk jauh dari sikap putus asa dan malas. Untuk itu, beberapa cara bisa dilakukan untuk meningkatkan semangat dalam bekerja.

 

Berikut ini ada 6 cara membangkitkan semangat kerja yang bisa kita lakukan:

1. Niatkan Untuk Ibadah 

Niat memiliki kedudukan yang utama dalam setiap aktivitas. Apapun profesi yang sedang kamu jalani dan seberat apapun pekerjaanmu, maka hendaklah diniatkan bekerja untuk Ibadah kepada Allah SWT. Allah juga mengampuni dosa orang yang mencari nafkah sebagaimana disampaikan dalam hadits berikut ini:
 
“Barangsiapa yang di waktu sore merasa capek (lelah) lantaran pekerjaan kedua tangannya (mencari nafkah) maka di saat itu diampuni dosa baginya.”
HR. Thabrani

 

bila kita sedang ditempa suatu kesulitan saat bekerja, jangan lupa untuk berdzikir "laa hawla wa laa quwwata illa billah" agar Allah memberikan kita kemudahan.

 

 

 

2. Ingat Tujuan Bekerja

Apakah tujuan utama kita bekerja?

Apakah untuk membantu suami dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga?

Apakah untuk membahagiakan orang tua?

Atau sebagai aktualisasi diri dan memenuhi kebutuhan pribadi yang mandiri?


Baca juga: 5 tips menjadi pendengar yang baik

 

Apapun tujuanya, pastinya kita tidak ingin mengecewakan siapapun. Kita setidaknya memiliki keinginan untuk menjadi contoh yang baik bagi saudara, anak-anak atau teman-teman dengan menunjukkan semangat dalam bekerja. Bentuk dari kesuksesan dalam karier tidak selalu dalam jabatan yang tinggi, gaji yang besar atau barang-barang mewah yang kamu miliki, tapi dari seberapa besar rasa syukur dan keistiqomahan dalam menjaga diri kita selama bekerja.

 

3. Buat Meja Kerja Nyaman

Cobalah untuk menata meja sesuai dengan seleramu. Bawalah beberapa barang favoritmu, misalnya hiasan meja, bingkai berisi foto orang-orang terkasih. Dengan begitu, kamu bisa membuat dirimu nyaman dan santai di kantor. Hal ini bisa meningkatkan moodmu dalam bekerja sehingga lebih semangat dan lebih produktif.


Meja Kerja yang berantakan bisa jadi pertanda pikiran yang berantakan. Untuk itu, seramai apapun barang-barang yang ada di mejamu, usahakan untuk tetap bersih dan rapi teratur.

 

4. Kurangi Multitasking

Kita bukan robot. bekerja, melakukan banyak hal sekaligus dan terus-menerus tidak baik untuk kualitas pekerjaan. alih-alih pekerjaan lebih banyak yang diselesaikan. Hal terebut malah bisa menimbulkan kesalahan fatal dalam bekerja.
 

5. Hindari Makan Siang dengan Porsi Besar

Jam makan siang adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh karyawan. karena disitu kita bisa mengisi kembali tenaga kita dengan makan dan beristirahat. Namun, jika kita makan dengan berlebihan, apalagi di tambah dengan camilan yang penuh dengan kalori. Hal tersebut malah akan membuatmu semakin lemas dan cepat terasa mengantuk, sehingga bukannya tambah tenaga untuk bekerja malah menurunkan semangat dalam bekerja.

Sebaiknya, makan makanan bernutrisi seperti protein, serat, dan aktioksidan yang akan tetap menjada fokus lebih lama.

 

6. Hadiah Untuk Diri Sendiri (Self Reward)

Hadiah merupakan salah satu komponen dalam kebutuhan dasar manusia, yaitu kebutuhan akan penghargaan. Mengapresiasi diri sendiri adalah langkah awal untuk membuat diri kamu lebih percaya diri.
 
Selain itu, self reward dapat membuat kita lebih menikmati hidup. Di hari yang cukup membuatmu tertekan karena pekerjaan yang menumpuk, atasan yang marah-marah, atau teman kerja yang mengganggu, self reward dapat membantu menikmati hidup untuk dapat moving forward dan mencari jalan keluar.
 
Bagaimana bentuk hadiah pada diri sendiri? yang dapat menghibur panca indera kita. Membeli makanan atau minuman yang sangat disukai, jalan-jalan ke tempat yang menenangkan pikiran, ‘me time’ di salon, atau membeli barang yang sudah lama diimpikan, merupakan beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai bentuk dari self reward

 

 

Isi Komentar Anda

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post