Selamat Datang di bunyukita.com

Review dan Sinopsis Film EXHUMA, Horror Korea Terbaru 2024

Siapa nih sobat bunyukita yang udah pernah denger atau nonton Film Exhuma? atau masih penasaran dan berniat nonton dengan teman? di Korea sendiri sudah tembus 6 juta penonton loh, mimin sendiri sudah nonton tgl 03 Maret kemarin di Cinepolis Lippo Jogja, seru banget bioskop juga penuh, dijamin gak akan nyesal nontonnya!

 

Sinopsis Film Exhuma

Film Exhuma menceritakan tentang dua dukun muda bernama Bong-gil (diperankan oleh Lee Do-hyun) dan Hwa-rim (diperankan oleh Kim Go-eun), yang dipekerjakan satu keluarga kaya di Korea untuk menyelamatkan bayi mereka yang terus saja  menangis sejak lahir, bayi ini sangat ditunggu kehadirannya setelah beberapa kali keguguran.


Ketika mereka berkunjung ke rumah sang klien, mereka bisa merasakan bayangan gelap dari leluhur yang teriakan di keluarga itu, yang mana akhirnya diketahui jika di setiap generasi dari kakek - anak - hingga cucu (bayi yang baru lahir tadi) dihantui dengan suara rintihan dari leluhurnya yang terus bergema di kepala meminta pertolongan, mereka menyebutnya "Panggilan dari Kubur", untuk menghentikan gangguan itu mereka harus memindahkan makam leluhurnya.


Untuk pembongkaran dan pemindahan makam tersebut mereka meminta bantuan pada peramal fengsui Sang-duk (diperankan oleh Choi Min-sik) dan petugas pemakaman Young-geun (diperankan oleh Yoo Hae-jin).

 

Namun setelah melihat letak makam sang leluhur, Sang-duk langsung mengerti jika letak makam tersebut tidak biasa karena berada di tempat terpencil dekat dengan perbatasan Korea Utara dan memiliki fengsui yang buruk.

 

Walaupun begitu, demi menyelamatkan sang bayi dan imbalan yang besar mereka tetap melakukan pembongkaran makam. Dari situlah semua teror dan kengerian bermula.

 

Review Film Exhuma

 

Film ini sendiri terbagi dalam 6 part yang secara keseluruhan terbagi dalam 2 bagian, bagian pertama menceritakan tentang teror arwah leluhur yang menghantui keturunan-keturunannya, dan bagian kedua menceritakan tentang sejarah kelam Korea dengan Jepang.

Bagian pertama, sebagaimana film horor pada umumnya, menceritakan tentang arwah yang penuh dendam terlepas dari peti dan mulai mengincar keturunannya. Adegan ritual pembongkaran kuburan terasa amat menegangkan dengan bacaan mantra dan iringan tabuhan instrumen musik tradisional Korea, beberapa jumpscare juga sukses membuat penonton berteriak ketakutan. 

 

Sempat mengira teror sudah berakhir saat peti mati dan isinya dibakar, namun justru disitulah plot twist-nya.. ternyata ada yang lebih mengerikan dari sekedar arwah gentayangan.


Bagian keduanya menceritakan tentang pemakaman ganda, ternyata di bawah makam leluhurnya terdapat makam lain, yaitu makam seorang Jenderal Jepang yang dijadikan pasak oleh seorang biksu jahat bernama Gitsune.

 

Di Jepang Gitsune terkenal sebagai peramal bernama Murayama, diduga Gitsune adalah jelmaan siluman rubah bernama Kitsune dalam mitologi Jepang. Pasak tersebut diyakini terkutuk dan menyebabkan terpecahnya semenanjung Korea menjadi dua.

Sosok Jenderal Jepang setinggi lebih dari dua meter juga menambah kengerian di akhir film ini. Bagian satu film ini berasa horor, namun di bagian dua rasanya lebih seperti thriller.

Secara keseluruhan film ini sangat bagus, tapi agak sulit dimengerti. Awalnya sulit mengetahui hubungan antara dua bagian film ini, karena rasanya ceritanya seperti dua film yang berbeda. Terutama di bagian dua yang ternyata ada hubungannya dengan sejarah Korea, jadi agak sulit dicerna dan harus mencari-cari maksud dari beberapa adegan di film setelah keluar dari bioskop, seperti menyusun kepingan-kepingan sebuah puzzle.


Namun tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak diskusi yang bisa memberikan "pencerahan" dan menyatukan semua kepingan puzzle, di bawah ini 2 akun yang berhasil bikin mimin bilang, "ohhh jadi gitu maksudnya" dan akhirnya ngerti apa hubungan antara 2 bagian film ini yang ternyata masuk akal juga.

yang pertama, akun twitter @hyuckgirle
https://twitter.com/hyuckgirle/status/1764080185400578098?t=vk58SfPT9qYRORpp0_WKIw&s=08

yang kedua, akun twitter @neohistoria_id
https://twitter.com/neohistoria_id/status/1767835814011207891?t=x8Iwi1RHf91YJ6XtvYBgaQ&s=08

Rating awal sebelum baca 2 penjelasan di atas 8/10, setelah baca jadi 9/10. Memang sebagus itu filmnya dan ga sekedar horor penuh jumpscare, tapi tiap detailnya bener-bener diperhatikan. Film ini juga kasih photocard lohh, temen mimin dapet, tapi kemarin pas mimin nonton gak dikasih (sayangnya ga nanya ke kasir juga sih, padahal Lee Do-hyun sangat mempesona).

Film ini bisa kalian temukan di bioskop CGV, XXI, dan Cinepolis, cepat cek di bioskop terdekat di kota kalian yah, kalau di Jogja per tanggal 14 Maret 2024 masih banyak nih jamnya. Biar lebih dapet gambaran kengeriannya bisa nonton trailernya dulu


 

images source:
instagram.com/showbox.movie
instagram.com/ggonekim







Isi Komentar Anda

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post