Selamat Datang di bunyukita.com

5 Bahasa Gaul Anak Kaltara, Nomor 4 Kocak Banget

5-bahasa-gaul-anak-kaltara-nomor-4-kocak-banget


Tiap daerah pastinya memiliki bahasa gaul yang identik dengan wilayah tersebut. Salah satunya Kalimantan Utara, yang dikenal memiliki ragam bahasa unik yang menarik untuk diulas.


Sebagai informasi aja nih teman-teman, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahasa gaul diartikan sebagai ‘dialek bahasa Indonesia non-formal yang digunakan oleh kelompok di daerah tertentu untuk pergaulan’. Ini artinya bahasa tersebut digunakan hanya untuk teman sebaya dan dilarang penggunaannya untuk orang yang lebih tua.


Namun yang tak dapat dipungkiri, bahasa gaul kerap diidentikan dengan komunikasi kaum milenial. Misalnya saat membuat konten untuk media sosial, nongkrong, tertawa serta bercanda, mereka acapkali menggunakan bahasa gaul.


Apa saja ragam bahasa kekinian masyarakat Kalimantan Utara? Berikut 5 bahasa gaul khas anak Kalimantan Utara yang berhasil dirangkum BunyuKita, di antaranya ;


1. Lanjinya

Bagi anak gaul nya Kaltara, kata lanji dikonotasikan dengan arti genit yang berlebihan. Umumnya nih goy, kata ini dilontarkan saat terjadi perselisihan merebut pacar.

Usut punya usut, kata lanji ternyata berasal dari bahasa Banjar yang mengandung arti genit. Wah, kalian sudah tau gak tuh goy hehehe


2. Pembote

Kata pembote memiliki arti yang sama dengan penipu. Jika masyarakat di luar Kalimantan menggunakan kata curang saat ditipu atau dikadali. Lain halnya dengan anak Kaltara, mereka menggunakan kata pembote saat diperlakukan demikian.


Biasanya ni goy, anak gaul Kaltara selalu menggunakan kata ini untuk orang yang sering ingkar janji. Hayo siapa yang sering ingkar janji, mau nih disebut pembote hehe


3. Culas Bah Kau Nih

Bagi masyarakat Kalimantan Utara, kata culas memang tak asing lagi di telingah. Kata culas memiliki arti yang sama dengan curang. Namun, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia culas memiliki arti tidak jujur.


4. Minta Bah Bonbon Mu

Hahaha kata bombon bagi masyarakat luar Kalimantan tentu asing terdengar. Namun, bagi warga Kaltara kalimat ini seringkali digunakan saat seseorang meminta suatu permen.

Ternyata, kata bon-bon dalam Kamus Bahasa Inggris memiliki arti kembang gula. Kok bisa gitu yah heheh


5. Kepok Kau


Kata kepok sebenarnya memiliki konotasi arti yang negatif. Namun bagi masyarakat Kaltara, kata kepok menjadi luapan emosi kepada seseorang. Umumnya, kesan lantaran sudah memperingati seseorang lebih dari dua kali namun tetap melakukan hal yang sama.

Sebenarnya , masih banyak bahasa gaul anak Kaltara lainnya yang menarik diulas. Hanya saja, penulis masih menuliskan beberapa saja.

Tunggu part ke-2 nya yah!!


1 Comments

Silahkan berikan komentar anda...

  1. Masing masingdaerah punya bahasanya sendiri termasuk bahasa gaul atau slank. Nah di kaltara ini salahsatunya. Terutama kata "culas bah kau nih" itu gak bakak ada di manapun wokwowko

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post