Selamat Datang di bunyukita.com

Perbedaan Tipe Warna RGB, CMYK, dan Spot di Corel Draw


Secara umum, warna dibagi menjadi tiga tipe sesuai dengan karakter dan fungsinya masing-masing. Tiga tipe tersebut meliputi RGB, CMYK, dan Spot. Pada pembahasan kali ini kalian bisa menyimak tentang sifat dasar ketiga tipe warna tersebut termasuk dengan pemilihan tipe warna yang sesuai untuk kepentingan publikasi cetak maupun website. Berikut penjelasan selengkapnya tentang tipe-tipe warna tersebut:


RGB

Tipe warna ini tersusun dari 3 warna dasar, yaitu Red (R), Green (G), dan Blue (B) sehingga disingkat menjadi RGB. Tipe warna ini cocok diterapkan untuk desain yang hanya dipresentasikan melalui layar screen dan tidak untuk dicetak menggunakan offset printing.

 

Tipe warna ini adalah pilihan yang terbaik untuk membuat desain website, efek khusus video, online advertising, wallpaper smartphone, dan segala bentuk desain yang dilihat menggunakan layar monitor.

 

Sebaliknya, jika kalian bermaksud mencetak desain yang klaian buat menggunakan offset printing maka sebaiknya tidak menggunakan tiper warna RGB karena warna yang dihasilkan akan kurang maksimal. Karena, umumnya tinta yang digunakan oleh mesin offset printing berjenis CMYK


Baca Juga:

 

CMYK

Tipe warna CMYK tersusun dari perpaduan warna printer Cyan, Magenta, Yellow, dan Black (CMYK) yang meakili warna-warna tinta pada mesin offset printing. Oleh karena itu, desain yang akan dibuat dalam bentuk media cetak, akan selalu optimal jika dirancang menggunakan sistem warna CMYK.


Sifat CMYK berkebalikan dengan tipe RGB berdampak pada penggunaannya. Jika tipe RGB berkurang cocok digunakan dalam pencetakan dokumen maka tipe CMYK inilah yang direkomendasikan untuk mencetak desain karena akan menghasilkan warna yang sempurna jika diterapkan pada objek desain.


Sebaliknya, Tipe CMYK menghasilkan warna-warna kusam apabila digunakan untuk membuat desain yang akan dipresentasikan melalui layar monitor, Hal ini wajar dan normal karena kombinasi seluruh warna yang bisa dihasilkan CMYK tidak lebih dari 160.000 warna. Jumlah ini terlalu sedikit jika dibandingkan dengan RGB yang dapat menghasilkan 16,7 juta warna.


Spot/Pantone

Apabila tipe warna RGB dan CMYK dihasilkan dari perpaduan warna-warna dasar tertentu maka tipe warna spot bukan merupakan hasil dari perpaduan warna. Tipe ini merupakan bagian dari sistem warna Pantone Matching System.

 

Dengan menggunakan Tipe ini kalian dapat menciptakan warna baru yang diambil dari tingkat persentase tertentu pada sebuah warna. misalnya, warna merah dapat dibuat menjadi warna baru dengan mengatur tingkat persentasenya menjadi 50% hingga menjadi warna pink.



1 Comments

Silahkan berikan komentar anda...

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post