Selamat Datang di bunyukita.com

Pulau Bunyu Masuk Museum Rekor - Dunia Indonesia (MURI) Pada tahun 2012




Mungkin sebagian besar masyarakat Bunyu belum tahu bahwa Pulau Bunyu, Kallimantan Utara, pernah masuk rekor MURI yakni Pada Kamis, 20 Desember 2012, Tercatat sebagai Pulau Pertama di Indonesia yang 100% penduduknya menikmati layanan listrik. Prestasi tersebut mendapatkan pengakuan dan tercatat dalam Museum Rekor - Dunia Indonesia (MURI).


Penghargaan tersebut diberikan oleh MURI kepada PT. PLN (Persero) yang bisa merealisasi layanan listrik kepada seluruh masyarakat Pulau Bunyu sehingga memiliki rasio elektrifikasi 100%.


Dikutip dari Tempo.co (2012) "Manajer PLN  area Berau, Susilo, menjelaskan, saat ini (2012) penduduk pulau bunyu yang terdiri atas 2.700 keluarga telah mendapat layanan listrik dadri PLN.


Kebutuhan akan listrik pulau berpenduduk kurang lebih 10.100 jiwa ini dipasol dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin gas (PLTMG) berkapasitas 2x1.000 kilowatt.


Selain rasio elektrifikasi 100 %, listrik di Pulau Bunyu seluruhnya dibangkitkan dengan tenaga gas. PLTMG Bunyu mendapatkan suplai gas dari Pertamina EP sebesar 0,3 mmbtu.


Penggunaan gas ini menghemat biaya pembangkitan sebsar Rp. 10 miliar ppertahun dibanding jika menggunakan bahan bakar minyak. 


Baca Juga:

Sejarah Eksplorasi Minyak di Pulau Bunyu



1 Comments

Silahkan berikan komentar anda...

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post