Selamat Datang di bunyukita.com

Perbedaan Baret Miring Kiri dan Miring Kanan

Secara garis besar perbedaan penggunakan Baret Miring ke kanan dan ke kiri adalah karena perbedaan tugas yang dimilikinya. Baret yang dikenakan dengan miring ke kanan adalah baret dari pasukan yang dipersiapkan untuk bertempur dalam medan perang. Baret miring ke kanan ini dikenakan oleh seluruh anggota TNI, kecuali yang berdinasi di Polisi Militer.



 

Baret yang dikenakan dengan miring ke kiri adalah baret dari pasukan yang bertugas sebagai pelindung keamanan dan penegakan hukum. Baret ini dikenakan oleh anggota Polri dan anggota TNI yang berdinas sebagai Polisi Militer.


Baca Juga: Inilah Latihan Khusus untuk Awak Kapal Selam TNI AL


Lalu, bagaimana dengan Menwa dan Pramuka?, mengapa baret mereka miring ke kanan?.



Sebagaimana baret TNI, baret menwa dan Pramuka juga dikenakan dengan miring ke kanan. Hal ini dikarenakan dalam sejarah kelahirannya menwa atau dulu disebut Tentara Pelajar juga ikut berperang melawan musuh sebagai pasukan cadangan.


Baca Juga: Kenali Perbedaan Warna Baret TNI


Begitu juga dengan Pramuka, walau tidak ikut membantu langsung dalam berperang, namun dalam kepanduan (Pramuka era dulu) ditugaskan untuk memberi bantuan kepada para pejuang perang. Seperti, menjadi kurir pembawa pesan, atau ketika ada pejuang yang terluka, maka Pramuka bertugas menolong hingga merawatnya

1 Comments

Silahkan berikan komentar anda...

  1. wah baru tahu ternyata ada perbedaanya. kupikir cuman asal pakai baret aja.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda...

Previous Post Next Post